6 Tips dan Trik untuk Melatih Pikiran untuk Fokus

6 Tips dan Trik untuk Melatih Pikiran untuk Fokus

Konsentrasi mungkin sesuatu yang sederhana seperti memfokuskan matamu pada sebuah bola. Jika kamu benar-benar berkonsentrasi pada apa yang kamu lakukan, kamu akan memiliki kontrol total terhadap diri sendiri. Jika pikiran dan harapanmu berada di tempat lain, tidak mungkin untuk tetap memikirkan pekerjaan yang harus dilakukan.

Meningkatkan fokus mentalmu sesuatu yang dapat dicapai, tetapi itu tidak berarti bahwa itu harus cepat dan mudah. Jika itu sederhana, maka kita semua akan memiliki konsentrasi sehebat atlet elit. Ini akan membutuhkan upaya nyata dari dirimu dan kamu mungkin harus membuat beberapa perubahan besar pada beberapa kebiasaan harianmu.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantumu mengembangkan fokus dan konsentrasi mental seperti laser.

  1. Temukan Jam Produktifmu

6 Tips dan Trik untuk Melatih Pikiran untuk FokusSumber: Myreadingroom.online

Beberapa orang berkinerja lebih baik di siang hari, sementara yang lain tampil baik di malam hari. Untuk menemukan jam paling produktif, kamu harus secara aktif mengukur produktivitasmu selama seharian.

Perhatikan energi, pola pikir, gangguan, motivasi, dan suasana hati sambil melakukan percobaan dengan jam kerja yang berbeda. Pastikan kamu memberikan waktu setidaknya satu minggu untuk menetapkan jam sibuk ini. Jadi, jika kamu mencoba menyelesaikan tugas paling penting dari jam 8 pagi hingga jam 10 pagi, cobalah selama seminggu. Minggu depan, fokuskan perhatianmu pada tugas-tugas penting mulai dari jam 10 pagi dan berakhir pada jam 12 malam.

  1. Pertahankan To-do List yang Realistis

Pertahankan To-do List yang RealistisSumber: Businessbusinessbusiness.com.au

Dalam upaya untuk menyelesaikan tugas sebanyak mungkin setiap hari, kita tergoda untuk mengisi to-do list dengan berbagai tugas dan tidak ada jeda di antaranya. Sementara kita mungkin dapat melakukan sebagian besar kegiatan dalam daftar itu, yang terjadi di bagian terakhir pasti akan kurang bagus. Ini karena kita sudah lelah pada saat kita mencapai tugas terakhir. Karena itu, bersikaplah realistis dengan to-do list yang harus kamu lakukan dan sertakan hanya jenis kegiatan yang kmu yakin dapat kamu lakukan dengan sumber daya yang ada. Selain itu, termasuk istirahat di antara tugas-tugas ini. Istirahat memberi  kamu kesempatan untuk bersantai pada hari itu.

  1. Latih Pikiranmu seperti Melatih Otot

Latih Pikiranmu seperti Melatih OtotSumber: Twomindstraining.com

Ketika multitasking adalah sesuatu yang biasa maka otakmu akan cepat beradaptasi. Kamu kehilangan kemampuan untuk fokus saat gangguan menjadi sebuah kebiasaan.

Latih konsentrasi dengan mematikan semua gangguan dan lakukan memfokuskan perhatianmu pada satu tugas. Mulai dari yang kecil, mungkin lima menit per hari, dan kerjakan hingga waktu yang lebih banyak. Jika kamu merasa pikiranmu melayang, kembalilah ke tugas sedang dikerjakan. Seperti halnya badan yang bugar, kita harus membangun otot agar bisa fokus.

  1. Hilangkan Gangguan

Hilangkan GangguanSumber: Organizeforsuccess.blogspot.com

Meskipun sudah jelas, orang sering meremehkan berapa banyak gangguan yang mencegah mereka berkonsentrasi pada tugas yang dihadapi. Gangguan semacam itu mungkin datang dalam bentuk radio yang menggelegar di latar belakang atau mungkin rekan kerja yang menjengkelkan yang terus-menerus mampir ke ruanganmu untuk mengobrol.

Meminimalkan sumber gangguan ini seringnya terdengar lebih mudah daripada yang sebenarnya. Meskipun mungkin sesederhana mematikan televisi atau radio, kamu mungkin merasa jauh lebih sulit untuk berurusan dengan rekan kerja, pasangan, anak, atau teman sekamar yang mengganggu.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menyisihkan waktu dan tempat tertentu dan meminta ditinggal sendirian selama jangka waktu tertentu. Alternatif lain adalah mencari lokasi yang tenang yang membuat kamu dapat bekerja tanpa gangguan. Perpustakaan, ruang pribadi di rumah, atau bahkan kedai kopi yang tenang mungkin merupakan tempat yang baik untuk dicoba.

Hal penting lain yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua gangguan bersifat eksternal. Suara dan gangguan lingkungan seringkali lebih mudah dikendalikan daripada gangguan internal yang mungkin membuat kamu sulit memusatkan perhatian. Keletihan, kekhawatiran, kecemasan, motivasi yang buruk, dan gangguan internal lainnya bisa sangat sulit untuk dihindari.

Beberapa strategi yang kamu mungkin ingin kamu minimalkan atau hilangkan  gangguan internal seperti itu adalah untuk memastikan kamu cukup istirahat sebelum tugas dan untuk menggunakan pikiran dan citra positif untuk melawan kecemasan dan kekhawatiran. Jika kamu menemukan pikiranmu melayang ke arah pikiran-pikiran yang mengganggu, secara sadar bawa kembali fokusmu pada tugas yang sedang dilakukan.

  1. Terus Berlatih untuk Memperkuat Fokus

Terus Berlatih untuk Memperkuat FokusSumber: Future-ceos.com

Membangun fokus mentalmu bukanlah sesuatu yang akan terjadi dalam semalam. Bahkan atlet profesional memerlukan banyak waktu dan latihan untuk memperkuat keterampilan konsentrasi mereka. Salah satu langkah pertama adalah mengenali dampak yang mengalihkan perhatian terhadap hidupmu. Jika kamu berjuang untuk mencapai tujuanmu dan mendapati dirimu teralihkan oleh detail yang tidak penting, sekarang saatnya untuk mulai menempatkan nilai yang lebih tinggi pada waktumu. Dengan membangun fokus mentalmu, kamu akan menemukan bahwa kamu dapat mencapai lebih banyak dan berkonsentrasi pada hal-hal dalam hidup yang benar-benar membawa kamu sukses, sukacita, dan kepuasan.

  1. Taklukan Penundaan

Taklukan PenundaanSumber: Connectventura.com

Salah satu hal terburuk yang dapat kamu lakukan adalah menunda-nunda, tetapi banyak orang merasa bersalah karena menunda hal yang tak terhindarkan. Wajar untuk melakukan tugas yang paling tidak penting terlebih dahulu, karena lebih mudah, dan menyimpan yang paling penting untuk yang terakhir, jika ada. Itulah sebabnya salah satu dari hari-hari ini tidak menjadi hari-hari ini.