7 Tips dan trik untuk Belajar Berbicara Menggunakan British Accent

Gunakan kata itu dalam percakapan

Dikutip dari laman Psychology Today, menurut polling yang dilakukan kepada 11.000 orang, aksen terseksi yang menduduki rangking pertama adalah aksen orang Inggris atau “British Accent”. Hal ini juga diamini oleh koran online Independent. Banyak wanita Amerika yang merasa aksen orang Inggris dan Skotlandia lebih seksi.

Banyak juga orang Indonesia yang terpikat dengan aksen para pemain film dari Inggris dan berusaha meniru aksen mereka. Beberapa ada yang belajar melalui film atau yang lebih afdol belajar langsung ke tempat aslinya. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk belajar menguasai aksen orang Inggris, berikut tips dan triknya.

  1. Dengarkan cara orang berbicara

Dengarkan cara orang berbicaraSumber: https://gigaom.com/2013/09/02/the-uncomfortable-truth-about-personalized-learning/

Untuk mulai terdengar lebih asli, cara terbaik adalah menonton program di BBC. Coba amati bagaimana presenter mereka menggerakan mulut, lidah, dan perhatikan bagaimana bibir mereka bergerak. Kamu akan melihat bahwa ada program lokal juga, sehingga kamu dapat mengambil aksen utara, selatan atau geordie dalam proses!

Kamu tidak hanya harus memperhatikan suara-suara yang keluar dari mulut mereka, tetapi kamu juga harus fokus pada mencoba mencari tahu bagaimana suara-suara ini keluar. Bagian mulut mana yang mereka gunakan saat mengeluarkan suara? Cobalah meniru cara mereka berbicara.

Beberapa kata diucapkan dengan cara yang sangat berbeda di Inggris dan di Amerika. Karena itu, langkah pertama kamu untuk mendapatkan aksen “Inggris” adalah menghafal kata-kata tersebut untuk menghindari percampuran pengucapan mereka.

  1. Mengidentifikasi suara

Mengidentifikasi suaraSumber: https://www.youtube.com/watch?v=JwTDPu2TE6k

Banyak bahasa memiliki alfabet, tetapi apakah kamu tahu ada juga alfabet universal yang berisi semua suara ucapan dari setiap bahasa? Ini disebut International Phonetic Alphabet (IPA) atau Alfabet Fonetik Internasional dan berguna untuk membantu kita mengenali suara-suara persis yang sedang kita hadapi. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari kata-kata tersebut di sini dan mencatat ejaan IPA-nya.

Setelah kamu tahu bunyi suara itu di tabel IPA, kembali ke aplikasi pelafalan yang kamu miliki dan lihat bagaimana membentuk mulut kamu dengan benar untuk menciptakan suaranya. Di aplikasi tersebut kamu dapat menonton video guru yang akan menunjukkan kepadamu cara membentuk suara dengan benar.

  1. Bagaimana suaranya dihasilkan?

Bagaimana suaranya dihasilkanSumber: http://www.synergisticsinging.com/2013/07/muscle-memory-part-2-you-can-speak-english-but-dont-know-how/organs/

Suara dibuat oleh organ untuk berbicara, yaitu bibir, lidah, mulut dan rahang. Posisi organ bicara kita berbeda untuk masing-masing suara yang berbeda ini. Kita perlu belajar memposisikan organ-organ ini dengan benar untuk membuat suara yang benar.

Ketika Kamu mencoba untuk membuat masing-masing suara ini melalui daftar ini

  • Ke arah mana bibir digerakkan?
  • Di mana letak lidah?
  • Apakah rahang terbuka atau tertutup untuk suara ini?

Ketika kamu telah mengidentifikasi penempatan organ bicara dengan benar, kamu kemudian akan mulai melatih otot-otot di sekitar organ-organ ini sehingga mereka mengembangkan ‘memori otot’ sehingga otak secara otomatis akan memposisikan organ-organ dengan benar untuk membuat suara yang benar.

  1. Berlatih suara sendiri

Berlatih suara sendiriSumber: https://www.videoblocks.com/video/young-businessman-practice-his-speech-in-front-of-mirror-gqouboc

Mungkin perlu sedikit waktu bagi lidah kamu untuk terbiasa dengan gerakan yang diperlukan untuk beberapa suara tertentu. Meskipun mungkin terasa sedikit aneh, luangkan waktu untuk mempraktikkan suara dengan keras sampai kamu terbiasa. Kamu dapat mencoba mempraktikkan suara sendiri, atau ketika dalam kata-kata.

  1. Latih suara dalam sebuah kalimat

Latih suara dalam sebuah kalimatSumber: https://hotshot24.com/pte-academic-speaking-repeat-sentence-practice-sample-8.html

Jadi, kamu bisa mengucapkannya sendiri? Kerja bagus! Sekarang saatnya untuk menerapkan semua praktik itu dengan mengucapkan kalimat latihan. Cobalah membangun kalimat kamu sendiri dan mengeceknya dengan teman percakapan bahasa Inggrismu, itu bagus untuk berlatih tata bahasa juga!

  1. Gunakan kata itu dalam percakapan

Gunakan kata itu dalam percakapanSumber: http://leplan-edu.com/learning-approaches/

Sama bermanfaatnya dengan buku dan aplikasi, kamu tidak dapat belajar bahasa dengan membaca sendiri! Keluarlah dan berlatihlah menggunakan kata-kata baru kamu dalam percakapan kehidupan nyata. Kamu akan belajar paling cepat dengan mendengarkan dengan cermat penutur asli dan menerapkan semua yang telah kamu pelajari di dunia nyata.

  1. Cara mengembangkan memori otot

Cara mengembangkan memori ototSumber: https://improveyouraccent.co.uk/recording/

Kamu akan membutuhkan cermin dan alat perekam (telepon dengan kemampuan merekam).

Pilih suara yang ingin kamu buat ulang. Dengarkan penutur asli membuat suara. Jika kamu dapat menonton mulut mereka saat suara dihasilkan.

Tiru bagaimana penutur asli membuat suara. Perhatikan diri kamu di cermin sehingga kamu mendapatkan penempatan lidah, bibir, dan rahang Kamu benar. Ini mungkin memerlukan beberapa penyesuaian sebelum kamu melakukannya dengan benar. Ucapkan bunyi berulang-ulang sampai kamu yakin kamu merasa yakin dengan suara tersebut. Pengulangan ini akan mengembangkan memori otot kamu dan semakin banyak kamu melakukannya, semakin alami rasanya.